Untuk menjaring data tentang kelemahan dan kebaikan kurikulum serta mengetahui standar kompetensi dan pandangan sains masyarakat maka dilakukan survei.
Berdasarkaan hasil survei terhadap alumni dan stake horlder, serta masyarakat pengguna dapat disimpulkan bahwa untuk mengahadapi era revolusi 4.1 ini guru IPA perlu dibekali kompetensi seperti pengembangan diri, kemampuan menggunakan ICT, keluasan wawasan, keahlian dan integritas, komunikasi, dan kolaborasi. Penetapan profil lulusan juga diselaraskan dengan visi misi dan tujuan Prodi MP IPA.
Kualifikasi lulusan tercantum pada tabel berikut,
Kode | Profil Lulusan | URAIAN PROFIL LULUSAN |
PL1 | Pendidik | Pendidik yang profesional di jenjang Perguruan Tinggi dan sekolah menengah. |
PL2 | Peneliti | Peneliti di bidang pendidikan dan pembelajaran IPA yang unggul dan adaptif. |
PL3 | Pengelola | Manajer yang professional di bidang pendidikan dan pembelajaran IPA di jenjang Perguruan Tinggi dan Sekolah menengah |
PL4 | Konsultan Pendidikan IPA | Perancangan, pengembangan Pembelajaran IPA yang unggul dan adaptif |
PL 5 | Pengawas | Pengawas sekolah yang memiliki wawasan manajerial yang akurat dalam melaksanakan supervisi. |