Tingkatkan Kualitas Penelitian Mahasiswa, Magister Pendidikan IPA FKIP Unila Adakan Kuliah Dosen Tamu Tentang Literasi Digital dan Novelty dalam Penelitian IPA

Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung menggelar Kuliah Dosen Tamu dengan tema “Literasi Digital dan Novelty dalam Kajian Penelitian Pendidikan IPA” pada Sabtu (25/9/2021) melalui aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan ini dibuka dengan menyanyikan lagu Wajib Indonesia Raya kemudian dilanjutan dengan sambutan yang disampaikan oleh Dr. Dewi Lengkana, M.Sc. selaku Ketua Program Studi Magister Pendidikan IPA FKIP Universitas Lampung dan secara resmi dibuka oleh ketua jurusan Pendidikan MIPA yaitu Prof. Dr. Undang Rosidin, M.Pd. Pada kegiatan ini setidaknya dihadiri oleh 120 orang peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa, dan alumni Magister Pendidikan IPA FKIP Universitas Lampung.

Dimoderatori oleh Dr. Tri Jalmo, M.Si., webinar ini menghadirkan narasumber Prof. Dr. I Wayan Redaha, M.Si. dari Universitas Pendidikan Ganesha (INDIKSHA). Kegiatan ini terbagi ke dalam beberapa sesi, yaitu, sesi pemaparan singkat, pemaparan materi dari narasumber, dan tanya jawab.

Sesi pemaparan singkat disampaikan oleh Dr. Tri Jalmo, M.Si. selaku moderator. Adapun, pemaparan materi singkat yang disampaikan pada awal sesi materi  dalam kegiatan ini adalah pentingnya kemampuan mahasiswa dalam menemukan sebuah novelty dalam suatu masalah yang akan dijadikan penelitian agar diperoleh hasil penelitian-penelitian yang berkualitas. Selain itu untuk menghasilkan penelitian yang berkualitas juga perlu di tunjang dengan kemampuan literasi digital yang baik.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi dari narasumber pertama, yaitu Prof. Dr. I Wayan Redaha, M.Si. Ia memaparkan materi bagaimana menentukan State On the Art, Research Gap sebagai dasar dalam menemukan novelty dalam sebuah masalah penelitian. Selanjutnya narasumber memaparkan mengenai pentingnya memahami literasi digital, indikator dalam mengukur literasi digital serta pengggunaan dunia digital dengan bijak, Di akhir pemaparannya, ia juga memberikan arahan agar partisipan tidak mudah menshare ketika mendapatkan suatu informasi di dunia maya. Penting untuk melakukan validasi dan filter mengenai kebenaran suatu berita sebelum kita menshare suatu berita. Kegiatan webinar diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Video lengkap Kuliah Dosen Tamu Program Studi Magister Pendidikan IPA FKIP Universitas Lampung Dapat disimak pada video berikut ini.

https://www.youtube.com/watch?v=pQGC29UFQAs&t=17s